Cara Praktis Belajar Untuk Ujian Nasional 2017

Ujian Nasional 2017 semakin dekat. Kamu pasti sudah bersiap-siap dengan belajar yang rajin kan ?Ada 4 mata pelajaran yang akan diujikan di Ujian Nasional 2016, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan juga IPA.Nah, dengan begitu, materi yang harus kamu pelajari pun akan sangat banyak sekali. Pasti membuat kamu jadi pusing tujuh keliling kan? Tapi, kamu jangan khawatir, mau sebanyak apapun materi yang harus kamu pelajari, jika kamu mengerti cara belajar praktis, semua materi ujian akan dengan mudah kamu pahami .Lalu, seperti apa belajar dengan praktis itu? Berikut ini tips belajar praktis untuk menghadapi Ujian Nasional 2017. Simak ya.

Pelajari kisi-kisi UN 2016

Langkah awal, sebelum kamu mulai belajar, sebaiknya ketahui dan pelajari dulu kisi-kisi Ujian Nasional 2017. Pahami kisi-kisi tersebut dan jika ada yang belum paham, berusahalah untuk belajar sampai kamu benar-benar paham. Dengan mengerti kisi-kisi UN 2017, kamu akan tahu materi apa saja yang akan muncul dalam soal-soal ujian dan membuatmu semakin fokus dalam proses memahami materi.

Berlatih mengerjakan soal-soal UN Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013

Seperti yang sudah diinformasikan berkali-kali bahwa Ujian Nasional 2017 ini akan menggunakan materi dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Nah, sekarang saatnya kamu berburu latihan soal dari kedua kurikulum ini. Kumpulkan semuanya dan cari yang sesuai dengan kisi-kisi UN 2017. Kamu bisa mendapatkan latihan soal UN darimana saja. Bisa dari buku-buku latihan soal, persiapan Ujian Nasional 2017, latihan soal dari Bapak dan Ibu guru, latihan soal dari tempat kamu mengikuti bimbingan belajar, latihan soal dari Ujian Nasional tahun lalu, atau bahkan dari internet. Semakin banyak soal yang kamu kerjakan, maka akan semakin banyak pula variasi soal yang harus kamu pecahkan.
Mengerjakan latihan soal merupakan cara yang efektif untuk membuatmu paham terhadap materi ujian lho . Jika ada soal yang tidak kamu mengerti, kamu bisa membaca-baca ulang materi soal tersebut yang secara tidak langsung dapat membantumu memahaminya. Jadi, jangan malas-mallas untuk terus berlatih soal-soal UN ya.

Buat mind mapping

Diantara kamu ada yang pernah tahu istilah mind mapping? Kalau belum, mind mapping adalah sebuah metode belajar dengan cara mencatat sekreatif mungkin dengan memetakan materi pelajaran sehingga lebih muda dipelajari dan dipahami. Nantinya, catatan ini akan berbentuk seperti diagram yang mana terdapat topik utama yang diikuti oleh penjelasannya. Untuk membuat mind mapping, kamu tidak membutuhkan banyak kertas, kok. Soalnya mind mapping ini benar-benar ringkas.
Cara membuatnya cukup mudah sekali. Sebagai contoh, kamu ingin belajar tentang Pulau Jawa. Buatlah sebuah lingkaran di tengah-tengah selembar kertas. Tulislah Pulau Jawa dalam lingkaran tersebut. Lalu, di sekitar lingkaran buatlah garis-garis sebanyak jumlah provinsi di Pulau Jawa. Nah, di ujung garis-garis tersebut, buatlah lingkaran yang di dalamnya akan berisi nama-nama provinsi di Pulau Jawa.
Kamu bisa menambahkan garis dan lingkaran lagi untuk menambahkan nama ibukota provinsi di Pulau Jawa. Dengan begitu, materi yang kompleks akan dapat diubah menjadi lebih simpel dan mudah dipahami.

Sistem Kartu

Selain membuat mind mapping, kamu juga bisa membuat sistem kartu. Caranya dengan memotong kertas menjadi seukuran kartu yang nantinya di kertas tersebut tertulis materi ujian. Tidak perlu terlalu detil, tapi mampu mencakup poin-poin penting materi ujian dan dapat membuatmu paham. Cara ini sangat praktis karena ukuran kartu yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana. Jadi, kemanapun kamu pergi, pastikan membawa kartu-kartu ini untuk belajar ya.

Belajar online

Zaman semakin canggih. Kamu bisa melakukan apapun dengan menggunakan gadgetmu. Mulai dari membaca berita bahkan untuk belajar. Dengan belajar online, kamu tidak perlu repot lagi membawa-bawa buku maupun catatan. Yang kamu perlukan hanyalah koneksi internet untuk mengakses materi ujian yang bisa kamu dapatkan di internet. Dengan begini, kemanapun kamu pergi, kamu masih bisa menyempatkan untuk belajar. Cara yang satu ini juga cocok sekali untuk kamu yang malas mengikuti pelajaran tambahan di lembaga bimbingan belajar.

Bermain kuis bersama teman

Bagaimana jika belajar kita ubah menjadi suatu permainan? Kamu bisa melakukan ini dengan teman-temanmu. Kamu bisa bermain kuis bersama teman-teman dengan menggunakan pertanyaan dari materi ujian. Siapapun yang berhasil menjawab dengan tepat akan mendapat poin tertinggi. Kamu bisa merundingkan hukuman dan hadiah kuis dengan teman-temanmu. Cara belajar ini cukup efektif untuk membuatmu mampu berpikir cepat dan tepat yang mana sangat berguna sekali di saat menghadapi Ujian Nasional 2017 nantinya.
Nah, itu tadi beberapa cara praktis belajar untuk Ujian Nasional 2017. Semoga cara-cara tersebut bisa kamu gunakan dan bermanfaat yaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beginning